Senin, 28 November 2011

Kerupuk Kulit

Perbincangan gila ini terjadi ketika gue latihan capoeira di Gymnasium. Gue dapet kenalan baru sebut aja namanya Ami. Cewek tomboy. Itulah yang gue pikir pas ketemu dia. Latihan ketika itu juga sungguh melelahkan. Loncat sana, loncat sini, salto sana, salto sini, beneran nih berat badan gue makin berkurang. Tapi gatau koq ukuran badan sama aja.

Beres latihan gue duduk-duduk ama Bang Dicho. (gw gatau gimana ngetik namanya), ngobrol sana-sini sambil melepas rasa lelah yang ada. Ami waktu itu pake baju yang necis lah menurut gue. Dia tahu apa fashion yang cocok buat orang kaya dia, Jaket gombrang, celana levis, sepatu kulit, dan rambut pendek ala cowok. Ngeliyat sepatu kulit bang Dicho bilang
"keren nih sepatunya,kulit dapet berapa ni mi?
Ami menjawab "ah murah bang ini mah, kena seratus limapuluh rebu, mahal atuh kalo yang kulit asli mah"
"kukulitan yah kayanya" gue nambahin
inget ama kulit, bang Dicho bilang
" ada loh Mi,sepatu kulit asli tapi harga terjangkau"
Gue mikir,emang ada apa sepatu kulit asli tapi harga murah, gue aja kemaren pas ke Garut, jaket kulit disono harganya ampir sejutaan
"jaket apa emang bang? pengen lah pengen" Ami berbinar matanya, mukanya ngebet banget pengen tuh sepatu, secara kalo cewek dapet barang yang lebih murah harganya dan kualitasnya lebih bagus dia akan stress dan depresi *radityadika
"itutuhh sepatu kulit asli, kulit bekas sunatan"
GAKGAKGAKGAKGAGKAK gue ngakak sekenceng-kencengnya, gue gak bisa ngebayangin gimana tuh "kulit" dipotong-potong, dijait satu-satu, trus dibikin sepatu, dan berapa kilo "kulit" yang dibutuhkan untuk membuat sebuah sepatu. Dan tentunya, semakin banyak populasi anak maka industri sepatu "kulit" semakin maju. Dan bayangin kalo tuh kulit dijadiin dompet, tas, ikat pinggang. Hmmmm
"gila ih bang Dicho, oh iya aku punya cerita inget ama kulit"
"gimana-gimana?" gue nanya penasaran
"cerita dari temen aku, pas waktu itu katanya ada sunatan massal, yaah rame banget lah, dikoordinir ama puskesmas atau apa gitu, dan dia ketika itu dapet bagian buat jadi Danus, buka stand buat jualan snack gitu"
"trus trus?"
"ya aku nanya ama dia, kamu jualan apa? tau gak dia jualan apa?
"enggakkkkk...."
"dia ngejual DOROKDOK !! kerupuk KULIT!!"
wakakakakak, makin ngakak aja niih, gue juga ga bisa ngebayangin, disebelah ada yang nangis karena "kulit"nya di potong, ditempat lain orang-orang menikmati kerupuk "kulit". Gila. Ami nambahin, temennya emang gila katanya. Gak kebayang kalo misalnya kerupuk kulit dibikin ngedadak. Jadi ada petugas yang ngambil kulit mentah trus digoreng dan dijual di stand tempat jualan.

Translate it

ChineseFrenchGermanItalianJapaneseEnglishRussianSpanish