Jumat, 06 April 2012

Merangkai Mimpi

Entahlah apa yang menjadi dorongan atau motivasi ini. Tulisan ini mungkin hanya bentuk luapan ide dan cita-cita yang selama ini selalu aku bayangkan. Aku memang pengkhayal. Imaginator. Dreamer. Bahkan sedikit tidak realistis. Tapi apapun itu, aku selalu berusaha untuk meyakini apa yang selama ini aku impikan. Selama itu positif dan mengandung nilai kebaikan. Apa salahnya?

Tentang apa itu realistis, sebagian orang mengatakan hiduplah secara realistis. Hiduplah sesuai nalar dan logika yang kita pakai. Tidak usah aneh-aneh. Tidak usah repot-repot. Hidup bukan untuk dibikin susah atau apapun. Just keep it enjoy... *iya.. emang bener... 


Tapi menurutku ada hal lain yang membuatku terdorong untuk mendobrak itu semua. Ku buka Al-Qur'an dan kubaca ayat yang berbunyi
"Ya Ma'syarol jinni wal insi, inistatho'tum an tanfudzu min aqthorissamawati wal ardhi fan fudzu... la tanfudzuna illa bisulthan"
"Hai sekalian Jin dan Manusia. Bila kalian mampu menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka tembuslah... kalian tidak akan mampu menembusnya kecuali dengan kekuatan,"  (arrahman-33)
Tuhan saja menantang kita. Bila memang kita mampu menembus penjuru langit, ya tembus sana... kalo memang yakin dan mampu menembus penjuru bumi, jelajahlah... tapi ada hal yang perlu kita ingat, semua itu tidak mampu kita lakukan kecuali dengan "Sulthan", yang artinya "Kekuatan". Kalo flashback tentang ilmu bahasa arab yang aku pelajari, kata sulthan mewakili arti kekuatan yang amat sangat. Kata yang dipilih bukan kata "Quwwah" atau "Ijtihad" atau "Sa'yun" yang memiliki arti sama yaitu "kekuatan atau usaha yang keras".  Tapi Sulthan yang mewakili seluruh kekuatan. Baik fisik, mental, materi, ilmu, serta ketangguhan yang kokoh. 

Dan terbukti kan? Orang yang pertama kali menembus ruang angkasa adalah Yuri Gagarin. Dan dia adalah Komunis. Orang yang tidak percaya Tuhan.

Okey, kita balik lagi ke realistis.

Apakah mimpi itu realistis? Apakah mimpi itu khayalan? Apakah cita-cita itu hanya ilusi?
Tuhan saja mengatakan, kalo emang mau nembus langit, ya tembus. Kalo mau tembus bumi, ya tembus. Sekarang, kalo hanya ingin kuliah di luar negeri yang masih di permukaan bumi, kalo hanya ingin keliling dunia yang masih di kulit bumi, kenapa enggak? Why not?
Kalo ingin jadi mahasiswa berprestasi, kenapa enggak? Kalo ingin jadi pengusaha, kenapa enggak? Kalo ingin jadi diplomat, kenapa enggak?

Lalu kenapa masih berpikir "Ah hidup mah realistis aja, jadi pegawai dan dapet pensiun, udah beres..."

Tuhan nantang ga gemen-gemen loh mabro, TEMBUS LANGIT coba. Dan Allah memperbolehkan kok, ga ada ayat yang ngelarang kita nembus langit. Tapi perlu digaris bawahi, semua itu harus pake Sulthan...
Iman yang Sehat....
Usaha yang keras...
Ilmu yang mantap....
Mental yang kuat....
Materi yang siap....

 Lalu kenapa kita masih ngerasa pesimis? ngerasa gak mampu? ngerasa gak bisa? ngerasa mimpi itu ga mungkin?

Kalo kita liat, keluar sana, diluar sana, berapa banyak contoh orang yang sudah kita lihat, orang-orang terdahulu yang kini maju dan berhasil,  orang-orang yang meyakini mimpi dan kini sukses.

Contoh satu orang yang sangat aku kagumi

Pak Warsito P Taruno.

Orang desa, orang lembur, yang hampir putus sekolah dan ga bisa lanjut kuliah karena masalah biaya, yang harus pontang-panting nyari dana bantuan, bahkan sudah diterima di UGM dan harus dilepas karena kendala biaya,
Kini menjadi orang penting dan disegani oleh ilmuwan dunia. Penemu Tomografi dan kini menjadi orang terkemuka di NASA.

Kalo nanya realistis, apakah itu realistis? Apakah mungkin orang desa, orang pelosok, jadi orang terkemuka di NASA? 
Tapi Pa Warsito yakin. Yakin bahwa Tuhan tidak akan merubah keadaan suatu kaum kecuali bila kaum itu berubah dengan dirinya sendiri. Yakin bahwa Tuhan Maha Pengasih. 

Oleh karena itu, silakan tanyakan lagi, apakah mimpi itu realistis?
Selama ini saya hanya meyakini,

Man Jadda Wajada....
Barang siapa yang bersungguh-sungguh, dapatlah ia....

3 komentar:

Rudie Azhari mengatakan...

NASA itu bohong besar .... cari kebenaranya di youtube... flat eart bumi datar

Anonim mengatakan...

Mas rudie azhari, situ nyari info kok cuma ngandelin youtube. Kasian sekali anda ini dibodohi oleh kaum bumi datar

info lowongan kerja mengatakan...

Sarjana youtube

Translate it

ChineseFrenchGermanItalianJapaneseEnglishRussianSpanish