Kamis, 15 Desember 2011

Mengapa menulis?

Mungkin banyak orang menganggap kalo menulis itu hal yang biasa. Kalo dibandingkan dengan nge-band, jadi boyband, atau jadi model, tentu menulis kalah tenar. Jauh banget tingkatan prestise antara ngeband ama nulis. Hmmm, kalo dipikir-pikir, ini malah jadi argumen pembelaan buat kita-kita yang suka nulis. Gapapa lah, dunia ini gak akan menjadi lebih indah kalo gak ada penulis atau pengarang. Liat begitu banyak film yang diadaptasi dari sebuah novel. Dari sebuah tulisan yang terkumpul menjadi buku. Harry Potter, Twilight, Da Vinci Code, Angel and Demon, dan film-film box office lainnya meledak dipasaran lantaran diadaptasi dari sebuah novel. Facebook, Twitter, atau situs-situs sosial network lain sebenernya menyajikan hal-hal simpel. “Status” kan kalo kita liat juga cuma tulisan doang. Tapi comment-comment-an yang malah jadi seru. Dan itu adalah tulisan. Gue pernah diceritain ama Dosen gue, katanya menulis itu adalah tingkatan kecerdasan paling tinggi. Masa iya sih? Mungkin ketika itu gue masih belum ngerti apa sih asyiknya menulis, dan ternyata gue ngeliyat gimana dahsyatnya menulis ketika gue ikutan
“Festival Ilmiah Mahasiswa”
Awalnya gue kira acara ini acara biasa. Gue pernah ikut seminar-seminar gitu dan kadang acaranya stagnan. Tapi setelah ngeliat dan mengikuti ni acara, gue bener-bener terdorong buat bikin tulisan yang berkualitas. Acara yang dikasih nama MITI awards ama Neuron awards. Menampilkan banyak orang-orang hebat. Acara ini nampilin para finalis pemenang karya tulis ilmiah. Mereka datang dari universitas unggulan di Indonesia. Ada UGM, UI, ITS, Unes, Unessa, UNY, Universitas Negeri Makassar, Undip, Unibraw, IPB, bahkan sampai dari Gorontalo datang buat ikutin ni acara. Acara yang dibuka oleh Presiden MITI, gue baru tau kalo MITI kepanjangan dari Masyarakat Ilmiah dan Teknolog Indonesia, lalu disambut oleh Ibu Emi, Dosen sosiologi UPI. Pembicaranya gak kalah mantap, ada Menristek tahun 2009/2011 pak Suharna Surapranata, ada Pak Warsito (dia pernah jadi peneliti di NASA) dan ibu Emi tadi. Dan disitu gue dikasih banyak motivasi tentang manfaat menulis, meneliti, dan mengaplikasikannya dalam prakterk kehidupan bermasyarakat. Pak Suharna M.Si adalah lulusan UI jurusan Fisika, dan meneruskan Magister di ITB. Beliau gak banyak cerita tentang gimana dulunya, intinya dia ngasih motivasi ama kita buat terus melakukan penelitian dan pengkajian. Beliau orang hebat. Gue ngakuin itu. Dan pas gue coba cari nama beliau di Google, eh namanya terpampang pada laman wikipedia. Beliau salah satu pendiri partai PKS ! Selain itu , meski beliau politisi, tapi beliau tetap menjadi seorang ilmuwan hebat dan termasuk jajaran orang pintar di negeri ini. Kapan ya nama gue bisa masuk ke laman Wikipedia? hehehe 


Orang kedua adalah bapak Warsito, beliau meneruskan pendidikan S1 hingga S3 di Shizuoka Jepang. GILA ! beliau juga pernah kerja untuk NASA. Bahkan dia pernah bikin penelitian buat nyembuhin kucing yang kena “tumor”, aneh nih si bapak, tapi dia bilang, “saya emang suka kucing, ya udah saya bikin alat buat nyembuhin kucing,”, kalo suka ama cacing berarti bapak bakal bikin alat buat cacing yah? .. zzzz. Dan rasa penasaran gue menuntun gue buat nyari nama beliau di Google. Eh beliau ternyata pernah menjadi narasumber di acara Kick Andy. Juga profil beliau dikupas di forum Kaskus. Diceritakan pak Warsito dulunya berkeinginian buat kuliah di UGM dan Lulus ! Tapi gara-gara masalah biaya, beliau harus ikhlas mencopot kenikmatan menjadi mahasiswa Tehnik Kimia UGM, dan pergi dari kampung dan merantau ke Jakarta. Dan di Jakarta lah mimpi beliau tercapai, beliau mendapat beasiswa dan sekolah ke Jepang hingga S3. Dan banyak dari penemuan beliau yang dibeli oleh NASA. Beliau adalah salah satu putra terbaik Indonesia. Dan pertanyaannya .... kalo beliau bisa, kenapa kita enggak? Dan yang paling gila, pak Warsito udah masuk jajaran ilmuwan terhebat di negeri ini, kalo gak percaya ketik "Warsito" di google dan muncul deh laman wikipedia tentang profil beliau. 


Orang ketiga adalah ibu Emi, beliau adalah dosen sosiologi UPI. Nyelesein S2 dan S3 di UNPAD. Intinya beliau juga orang hebat lah. Berwibawa dan tetap keibuan. Aura ilmunya kental sekali kalo denger beliau ngasih ceramah ilmiah. 

Acara selanjutnya adalah pemilihan MITI awards. Ada empat finalis yang diajukan. Pertama namanya Tri, dia seorang mahasiswa Undip. Dan ternyata dia adalah salah satu nominasi “Dai muda ANTV”, dia juga seorang yang ber”background” entrepreneur. Presentasi yang powerful. Dia membawakan tema Entrepreneurship Education. Ide yang dibawakan yaitu, negara kita bisa dikatakan maju bila presentasi pengusaha di negeri ini mencapai 5 persen. Dan untuk menaikan prosentase itu, para pengusaha sukses agar memberikan pelajaran dan pengajaran untuk para pemuda yang ingin mendapatkan ilmu secara online. Bisa melalui jejariing sosial, blog, atau yang lainnya. Dikarenakan kesibukan para pengusaha, maka Tri menilai cara ini adalah cara yang cukup efektif. Para pengusaha yang sibuk dan tidak sempat mengisi kuliah tentang “kewirausahaan” cukup memberikan mata kuliah secara online. Bisa melalui Youtube, Myspace, Facebook, Blog, atau bahkan Twitter sekalipun. Dan yang bikin gemes ama dia, belum acara MITI awards selesai dia minta izin ama juri dan bilang “saya harus ke Jakarta, jam empat harus sudah ada disana. Untuk keperluan acara Dai muda ANTV” 


Arrghhh, ngiri banget liat prestasi dia. Bener-bener orang sibuk ni anak. Udah go nasional lagi. Bahkan udah pernah ke USA dengan presatasi dia, ikut Da’i Muda ANTV juga. Keren parah lah .... Habis itu kontestan dari Undip, UGM, ama Unibraw ngasih presentasi mereka. Mereka mempresentasikan materi pake bahasa inggris. Keren gila ni orang-orang, gue aja masih aga ugu ngomong bahasa inggris, lah mereka udah tampil dan keren juga. Dan yang paling gue terkesan ama acara ini, gue poto ama salah satu anggota DPRD kota Bandung. Beliau low profile banget lah, malah sempet nanya nomor HP ama kita-kita. Channel nambah lah !! Dan sampe bisa kenal orang-orang penting juga, dan juga ketemu ama orang-orang dari berbagai Universitas di seluruh Indonesia. Dari acara ini gue banyak dapet pelajaran berharga. Pelajaran gimana buat bikin acara yang bakal dihadiri ama mahasiswa seluruh Indonesia dan tentunya, gue bisa ngeliat kebesaran kampus gue dimata orang-orang luar. Gue bisa tau gimana pandangan orang-orang tentang kampus gue. Dan tentunya, ini bener-bener nambah kepercayaan diri gue selaku mahasiswa kampus UPI Bumi Siliwangi. Dan semua ini gue alami dan gue dapat dari satu kegiatan

MENULIS

Tidak ada komentar:

Translate it

ChineseFrenchGermanItalianJapaneseEnglishRussianSpanish