Sabtu, 03 Desember 2011

Bersedekah dan Niat Bersedekah

Sebenernya kejadian ini udah lama gue alami. Tapi mungkin baru kali ini gue mau share ama sobat blogger. Kejadian ini erat banget hubungannya ama tukang parkir. Gue gak akan cerita tukang parkir yang joged kaya di iklan mizone atau tukang parkir yang nemuin kunci motor yang ngegangtung. Tapi cerita ini erat banget hubungannya antara kita dan Yang Diatas. Gue sama sekali gak niat buat pamer, sombong, atau apalah istilahnya. Gue cuma mau berbagi siapa tau temen-temen bisa ngambil pelajaran dari cerita singkat ini. Ketika sebuah niat baik yang belum terlaksana sudah Tuhan balas terlebih dahulu dengan kebaikan yang berlipat.

Buat anak kuliahan kaya kita ini, khususnya yang enggak ngekost, kita udah sehari-hari berhubungan ama yang namanya tukan parkir. Kita ke Mall, pasti nitipin motor ama tukang parkir. Yaaa masa ama tukang gorengan. Kita ngampus juga nie motor dijaga ama tukang parkir. Kita ngedate trus makan ditempat makan, gak mungkin nie motor kita bawa masuk ke restoran. Dan barang tentu kita nitipin motor ama tukang parkir. Jasa penitipan yang simpel tapi menanggung tanggung jawab besar. Bayangin aja kalo ada motor yang ilang. Pasti yang jadi kambing hitam yaa tukang parkir.

Suatu hari di bulan Ramadhan tahun lalu gue main ke kampus temen gue. Ceritanya mau ngabuburit nunggu adzan dijalan. Sekalian jalan-jalan nikmatin suasana di kampus temen gue. Abis ngobrol sana-sini dan ini-itu, gue berniat pulang kerumah. Jam udah nunjukin jam 5 sore. Gue agak buru-buru pulang soalnya udah gue prediksi bakal ada kemacetan pas gue pulang. Setelah menghampiri motor yang terparkir, gue nyalain nie motor dan ngeluarin dompet dari saku celana. Di dompet gue ketika itu gak ada duit serebuan. Yaaa sesuai tarif motor yang sudah menjadi budaya, gue mau ngasih duit serebu. Dan ketika itu gue berniat buat "sedekahin" aja lah serebu tambahan. Soalnya jadi pas, di dompet gue ada duit duarebuan. Gue kasih deh duitnya ke si bapak parkir dan gak minta kembalian lagi. "Itung-itung sedekah dibulan ramadhan". Itu yang gue niatin dalam hati.

Pas pulang, gue lewat jalan yang biasa. Gue gak tau bakal ada acara apa dijalan yang gue lewatin pas itu. Pas gue lewatin pom bensin, beberapa meter dari situ gue ngeliat banyak kerumunan orang dan sebuah mobil dengan pintu belakang terbuka. Beberapa pemuda dan pemudi memberanikan diri buat turun ke jalan dan menyodorkan satu kantong plastik. Gue yang dari jauh belum "ngeh" tentang apa yang gue liat, tiba-tiba si akang dateng menghampiri gue dan
" ini kang, buat ta'jil buka puasa"
Gue gak sempet bilang makasih berhubung nie jalanan udah padet dan orang-orang saling mendahului. Akhirnya gue cuma bisa senyum dan ngegas lagi motor gue. Bungkusan plastik itu gue simpen di cantolan motor gue. Guepun ngegas nie motor dan pergi dari kerumunan orang itu.

Jalanan waktu itu lumayan macet. Dan setelah nyelip sana nyelip sini, akhirnya gue bisa bebas dari kemacetan dijalan layang Pasopati dan melaju ke jalan Cihampelas bawah. Tiba-tiba adzan berkumandang, dan berhubung gue juga udah laper, akhirnya gue minggir dari jalan dan metiin mesin motor barang sebentar. Gue buka bungkusan yang tadi si akang-akang kasih dan
"Subhanallah"
Gue gak ngira isi kantong plastik ini lebih dari cukup buat ta'jil buka puasa. Ada pisang bolen, kue sus, lontong isi, dan air mineral gelas. Abis baca doa buka puasa gue makan nie kue sambil ngelamun. Gue bener-bener terenyuh kalo ngitung-ngitung berapa harga makanan yang gue makan sekarang. Gue prediksi ada kena sekitar tujuh ribu atau delapan ribuan. Gue ngerasa ada yang merhatiin. Dan gue pun berpikir
"apa ini balasan sedekah yang hanya SERIBU barusan?"
Gue rasa iya. Gue juga sadar didompet ketika itu cuma sisa lima ribu lagi. Apakah ini doa si tukang parkir yang diijabah langsung oleh Tuhan? Dan gue rasa IYA. Gue jadi inget ama ceritanya ustad Yusuf Mansur. Beliau sering banget bilang,
"barang siapa yang berbuat satu kebaikan, maka baginya sepuluh kali lipat balasan yang akan didapat"


Kejadian kedua gue alami deket-deket ini. Waktu itu gue beres latihan capoeira dan gue berniat buat shalat magrib di al-Furqon. Pas gue mau wudhu, gue ketemu ama temen gue yang ilang sepatunya. Namanya Robi. Ngeliat dia mondar-mandir dipintu keluar masjid,gue ngedatengin dia dan nanya ama Helmi ama Felin. Akhirnya dia minta tolong buat beliin sendal jepit buat dia pulang. Kasian banget sepatu diganti ama sendal jepit. hehehe

Abis gue ama Helmi beres beliin sendal jepit. Kita berempat berencana buat makan malem di LimaMU. Gue gatau kenapa namanya LimaMu. Pas awal-awal ngampus gue aja nyebutnya Lima Em Yu. Manchester United. Gue pikir yang punya nie tempat ngefans berat ama EMYU. Sesampainya ke LimaMu, kita mesen makanan dan ngobrol panjang lebar alas tinggi. Pas jam nunjukkin jam setengah sembilan akhirnya kita berniat buat pulang dan kita pun keluar dari Lima EMYU.

Nahhh, ketemu ama tukang parkir lagi nih. Pas gue mau pulang, Robi bilang katanya minta anter ampe jalan deket kosannya. Dan pas gue mau bayar tukang parkir, gue buka dompet dan gak ada duit serebuan. Gue nanya ama Robi apa ada duit serebu, dia juga ga punya duit serebuan.Gue bilang kalo tukang parkir gak dikasih duit pas,kadang gak dikasih kembaliannya. Akhirnya Robi nyaranin
"yaudahlah kasih aja duarebu, itung-itung sodaqoh"
"bener-benr, sodaqoh"
Abis gue kasih duit duarebu ke Mang Parkir, gak gue sangka duit duarebu yang gue keluarin dikasih kembalian serebu. Ternyata perkiraan gue berlebihan. Kayaknya si Mang tau gimana kondisi dompet mahasiswa. *padahalmakandiLimaMu. Dan akhirnya gue keluarin motor dan pulang sambil nganterin Robi ke kosannya.

Besok harinya, abis solat subuh, gue tidur-tiduran diatas kasur. Emang enak kalo abis subuh kita gogoleran sambil ngeregangin badan. Tiba-tiba teteh gue masuk ke kamar dan
"nih dari Aki, kemaren teteh kesana"
Gue terhenyak sesaat. Gue dikasih duit sepuluh rebu dari kakek gue. Gue tambah mikir lah, apa ini yang dibilang
Meski kita hanya berniat baik, kita sudah dihitung satu kebaikan
Gue jadi inget kejadian semalem. Gue semalem cuma niat buat sedekah yang hanya SEREBU. Dan esok harinya, dan belum dua puluh empat jam, Allah udah bales dengan kebaikan sepuluh kali lipat. Gue makin sadar. Bukan besar kecilnya sedekah yang kita keluarin, tapi gimana niat kita pas ngasih sedekah. Apa ini kebetulan? gue rasa enggak. Secara kakek gue umurnya udah 89 tahun. Mungkin agak aneh kalo seorang yang udah umur segitu tiba-tiba pengen ngasih duit ama cucu nya yang udah belasan orang, ditambah enam orang cicit. Dan teteh gue juga gak rutin buat nengok kakek. Semua terjadi tanpa ada rencana. Semua adalah kejadian yang sudah Allah atur secara adil. Tak ada hamba yang dirugikan atau dizalimi.

Gue jadi inget ama ceramahnya ustad Yusuf Manshur yang sering bilang
"barang siapa yang berbuat kebaikan, maka baginya adalah sepuluh kali lipatnya"
"atau, perumpaan orang yang menafkahkan hartanya dijalan Allah adalah seperti sebuah bulir beras. Dari bulir ini menumbuhkan tujuh tangkai. Disetiap tangkai itu terdapat seratus bulir lagi. Dan Allah melipat gandakan sesuai kehendakNya, dan Allah Maha Luas lagi Maha Mengetahui" (al-ayah)
Semoga sobat blogger bisa ngambil pelajaran dari cerita pendek ini. Bersedekah sama sekali tidak mengurangi harta kita. Bahkan niat berbuat baik sudah dihitung satu kebaikan. Dan niat berbuat buruk belum dihitung kecuali sudah dikerjakan. Mari kita bersama meningkatkan sedekah dalam kehidupan sehari-hari. Sungguh Allah tidak akan menjadikan kita miskin, bila kita mau menafkahkan apa yang kita miliki dijalan Allah, dan Allah akan membalas semua kebaikan dengan kehendaknya meski hanya


Seribu rupiah

Tidak ada komentar:

Translate it

ChineseFrenchGermanItalianJapaneseEnglishRussianSpanish