Senin, 26 Desember 2011

DPD Dari Rakyat Untuk Rakyat

DPD adalah salah satu lembaga tinggi negara yang memiliki fungsi memberi usul dan mengawasi undang-undang yang berjalan. DPD adalah perwakilan putra-putri terbaik daerah yang didelegasikan untuk berperan aktif di kancah perpolitikan nasional. Putra-putri terbaik bangsa yang diamanahi tanggung jawab dan harapan besar oleh daerah asal mereka.  Sudah menjadi kewajiban bagi anggota DPD untuk memberikan kontribusi nyata bagi daerahnya meski dalam waktu yang hanya lima tahun. Oleh karena itu ada beberapa aspek yang menurut penulis harus menjadi perhatian penting bagi anggota DPD dalam memberikan sumbangsing bagi daerahnya. 

Jika penulis berkesempatan untuk menjadi anggota DPD, ada hal-hal yang akan penulis utamakan dalam memberikan sumbangsih nyata bagi daerah yaitu :
  1. Anggota DPD harus memiliki mindset membangun. Tanggung jawab sebagai anggota DPD bukan hanya untuk andil dalam perpolitikan nasional tetapi anggota DPD harus memiliki visi membangun daerah asalnya. Peran yang diemban bagi anggota DPD adalah untuk menyuarakan aspirasi rakyat yang tinggal di daerah agar didengar oleh para pemimpin bangsa yang duduk dikursi yang lebih tinggi. Agar tercipta masyarakat yang sejahtera, adil, dan makmur.
  2. Anggota DPD harus berjuang untuk mengembangkan pendidikan daerah. Pendidikan adalah cara terbaik dalam membangun masyarakat yang cerdas dan terdidik. Anggota DPD harus betul-betul paham bahwa pendidikan di Indonesia saat ini kurang merata baik kualitas maupun kuantitas. Lembaga pendidikan luar sekolah yang memberikan pengajaran tambahan hanya ada di kota-kota besar. Kualitas pendidikan dikota kecil tentu sangat berbeda dengan kualitas pendidikan dikota besar. Juga jumlah sekolah didaerah sangat kecil bila dibandingkan dengan jumlah sekolah yang ada di daerah. Maka anggota DPD harus berperan aktif dalam menyuarakan pendapat untuk pengembangan pendidikan didaerah. Penataran guru-guru, beasiswa, subsidi silang, agar dapat dirasakan oleh masyarakat daerah diseluruh negeri ini.
  3. Anggota DPD harus betul-betul memperhatikan kondisi ekonomi daerah. Pengadaan lapangan pekerjaan dan penyuluhan kewirausahaan menjadi poin penting dalam membangun daerah. Wirausaha menurut penulis adalah solusi yang baik dalam membangun ekonomi daerah. Banyak kekayaan alam didaerah yang mampu diolah menjadi produk yang memiliki nilai jual tinggi. Tidak cukup disitu, masyarakat daerah harus diberikan pelatihan dan penyuluhan dalam berwirausaha. Kelemahan masyarakat daerah yang sering terjadi adalah mereka tidak mampu bersaing di pasar dalam menjual produk yang ditawarkan. Mereka kalah bersaing dengan perusahaan asing yang memiliki kekuatan modal lebih besar. Dari sini pula anggota DPD harus berjuang keras agar produk lokal negeri ini mampu bersaing dipasar dengan cara menyuarakan pendapat agar kebijakan ekonomi berpihak pada pengembangan ekonomi daerah. Dan dari wirausaha inilah akan banyak menyerap tenaga kerja dan mengurangi jumlah pengangguran serta mencegah arus urbanisasi.
  4. Kekayaan alam daerah mampu menarik wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berkunjung ditempat-tempat wisata. Anggota DPD agar mampu berjuang untuk menyuarakan aspirasi yang berbuah kebijakan dalam pengembangan potensi wisata daerah. Pengadaan fasilitas, keamanan, serta penyediaan transportasi agar menjadi prioritas dalam pengembangan wisata daerah lokal.
Poin-poin diatas menurut penulis merupakan hal-hal penting yang patut diperhatikan dalam membangun daerah di Indonesia. Anggota DPD sepatutnya memiliki perhatian khusus dalam membangun daerah tidak hanya mengawasi roda pemerintahan. Karena anggota DPD ada dari rakyat untuk rakyat dan demi rakyat daerah.

1 komentar:

NGENEWS mengatakan...

Betul banget tuh gan,,
DPD harusnya begitu,,
mohon reviewnya donk,,

Translate it

ChineseFrenchGermanItalianJapaneseEnglishRussianSpanish