Jumat, 15 Juni 2012

PCMI (3)


Setelah menyelesaikan sesi interview panel, gue ama tim gue beranjak menuju ruang debat. Ketika masuk ruangan, sudah ada Adjudicators dan peserta lain yang akan melawan tim kami. Kami melihat raut wajah mereka, santai tapi seolah siap menerkam kami. Gue gak tahu apa-apa soal debate especially pake bahasa Inggris. Waktu latihan di EDC juga gue cuma jadi adju dan gak ikut cas-cis-cus latihan debat. Disaat kaya gini, akhirnya gue pake jurus andalan gue. “Pura-pura bisa”. Gue langsung gabung ama tim dan siap-siap ngobrolin apa yang mau didebatin. Setelah adju ngasih topic yaitu “University student protest” kita masuk ruangan lain buat case building. Disitu gue ama tim ngerangkai apa yang bakal kita pertahanin dan mana yang bakal kita kritisin. Sebagai opposite team, kita harus matahin argument dari tim lawan. Setelah beres case building, kita langsung masuk ruangan debat dan memulai sesi.

Sesi debat dilakukan parallel. Setelah tim lawan membuka debat, selanjutnya tim kami bergiliran memberikan argument, lalu tim lawan, lalu tim kami, dan seterusnya. Ketika giliran tiba ama gue, gue berdiri dan langsung cas-cis-cus sekenanya. Emang agak gugup, tapi disaat kaya gini gue harus stay cool and confident. Beres ngasih argument, gue langsung duduk dan menghela napas panjang. Akhirnya …..

Setelah sesi debate selesai, kita langsung menuju ruangan aula buat nunggu penampilan seni budaya. Ini yang gue tunggu-tunggu. Gue langsung latihan beberapa lagu yang udah gue coba dirumah. Ada yang bawa Ronteng (Saron Tengteng), suling bamboo, biola, gitar, bahkan ada yang nyiapin Hip-hop Dance. Kalo udah kaya gini, gue ngerasa semangat banget. Atmosfir seni kerasa banget di sesi ini.

Panitia membuka pintu dan mempersilakan kami masuk ke aula. Disana udah ada kelompok lain yang lagi perform. Ada yang nampilin tarian, bahkan ada yang menyanyikan lagu “Abi teh ayeuna gaduh hiji boneka”. Mungkin penampilan kesenian memang menjadi kendala bagi beberapa orang. Kalo ngebahas diskusi, debat, atau pengetahuan lain banyak yang antusias. Tapi ketika berhadapan dengan penampilan seni budaya, banyak yang bingung mau ngapain.

Setelah giliran tim kami tiba, satu persatu dari kami dipanggil kedepan. Yang siap buat penampilan, mereka keliatan pede pas perform. Lucunya, bahkan ada peserta yang saat itu baru dateng banget dari Jakarta ikutan demo kenaikan BBM. Dia bilang gak ada persiapan apa-apa buat ini semua dan dia bakal tampil seadanya. Dia nampilin lagu Bubuy Bulan pake gitar sambil ngelucu. Pas ditanya bisa nari apa gak, dia jawab “Saya bisa silat!”. Langsung dia praktekin gerakan silat yang juga sekenanya. Juga ada seorang pemuda yang ternyata seorang staff ahli anggota dewan di bidang ekonomi. Dia nampilin ceramah ala MZ pake Bahasa Sunda. Baru kali ini gue liat ada pendemo dan yang didemo bersatu dan bersahabat disini. Ada pula seorang pemuda yang nampilin story telling pake Bahasa Prancis. Gue makin bergidik liat orang-orang hebat disini.
Akhirnya nama gue dipanggil. Gue langsung menjinjing calung dan suling yang udah gue siapin. Setelah ngasih sedikit penjelasan apa itu calung, gimana cara maennya, dan macem-macem calung pake bahasa Inggris, gue mulai penampilan gue dengan tiupan suling lalu calung pun gue pukul…..



Alhamdulillah penampilan kali ini respon  yang gue dapet baik. Penonton ngasih support dengan tepuk tangan. Pas ditanya bisa apa aja, gue jawab apa yang gue bisa. Dari suling, harmonica, organ, gitar, bass, dan alat music lain yang gue bisa. Pas ditanya “bawa gak alatnya?” gue jawab “Enggak,” para penguji bilang “Waah, kenapa gak dibawa?" Gue juga bingung, soalnya yang gue siapin kesenian sunda. Ya alat-alat music lain nangkring dirumah gak kemana-mana. Seorang penguji nanya lagi, “Kamu bisa apa lagi?” Inget seorang peserta nampilin story telling pake bahasa Prancis, gue ada ide buat bacain broadcast pake bahasa Arab. 

Dan penguji pun mempersilakan,

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Kaifa halukum ayuha thalabah? Hal antum bikhair? Aiwah …
Alyaum assabt ala asyir min marisy sanata alfaini wa istna asyr. Yaqumu baina hadratikum jami’an ahadu rijali min qismil I’lamil markazi limunazomati tholabati Darissalamil hadist, littarbiyatil islamil hadistah Guntur Funuruqu.
Litabligikum al’idza’ah alyaumiyah allati tasymalu ala I’lanatin syatta wa da’waatin idadah wa risalati addu’.
Tamhidan waftitahan lihadzihi nasyrah al arabiyah uballigukum awala alihi risalata addua.
Ikhwati… kunnal ana fi halatil huzni wal ka’abah. Anna min ba’dhi ikwatinal madzkurah asma’ahum adna hadzihil waraqah qod ashobahumu saqam hatta layaqdiru ala ta’diyati wjibatihim alyaumiyah ….
Abis gue bacain broadcast, penguji cuma diem-diem aja. Wajah mereka bilang gak ngerti apa yang gue ucapin tadi. Broadcast tadi emang biasa gue denger pas masih sekolah di Madani setiap harinya. Ternyata, pengalaman itu bisa gue praktikin disini.Hhehehe ….

Seorang penguji nanya lagi, “Tadi kamu bilang bisa main gitar, coba praktikin. Itu peserta yang punya gitar, coba pinjam sebentar.” Wah .. gue bingung, gue gak bisa nyanyi. Tapi kalo maen gitar bisa aja, gue bingung harus tampil apa. Gue inget lagu instrument Depapepe yang judulnya Start. Yaudah, gue nyari aman aja, secara lagunya Depapepe gak ada nyanyinya. Alhamdulillah penampilan beres dan memuaskan.

Beres penampilan seni budaya, gue beranjak  ke sesi presentasi dan interview pribadi. Waktu ketika itu udah ampir jam 4 sore. Kami udah pada capek nunggu, tapi ya buat program kaya gini, semua harus siap.

Disesi interview pribadi ini, gue ada cerita. Pas nunggu giliran dipanggil satu persatu, para interviewee mengeluh tentang pertanyaan yang diajukan. Soalnya mereka ditanya pengen ke  Negara apa untuk program ini, dan ditanya siapakah Perdana Menteri negara tersebut. Yang pengen ke Korea ditanya siapa PM Korea, yang pengen ke Kanada siapa PM Kanada. Gue ketika itu milih pengen ke Australia, lalu gue nanya ama temen gue yang tadi stortel pake bahasa Prancis, siapa PM Australia. Dia bilang, Julia Gillard. Berebapa detik gue nanya itu, gue langsung dipanggil.

Dalem ruangan interview, gue ditanya segala hal dari mulai motivasi ikut program ini, apa rencana kamu kedepan, apa yang akan dilakuin kalo keterima dan pertanyaan lainnya. Gue jawab semuanya dengan tenang. Alhamdulillah gue ngerasa lancar banget pas ngejawab. Dan ketika penanya bilang

“Okay, now is the last question. Who is the prime minister of Australia?”

Dengan yakin (baru nanya barusan) gue jawab “ Julia Gillard,”

Penanya langsung ketawa ngakak dan bilang “Good, from all participants, they couldn’t answer this kind of question. See you at the next session. Good luck!”

Gue ngos-ngosan keluar ruangan….

Dan ngakak ama temen yang gue tadi tanya, “Untung gue nanya ama lu! Hahaha,”

Tidak ada komentar:

Translate it

ChineseFrenchGermanItalianJapaneseEnglishRussianSpanish