Selasa, 12 Juni 2012

PCMI (1)



Mungkin cerita ini udah lama banget. Ini cerita ketika gue ikutan seleksi Purna Caraka Muda Indonesia untuk program Pertukaran Pemuda Antar Negara. Program ini udah gue tunggu-tunggu sejak lama. Dari mulai gue masuk kuliah, gue bener-bener memimpikan untuk ikut program pertukaran. Ketika ada sosialiasi dan pembukaan seleksi tanpa pikir panjang gue langsung ikut daftar dan mempersiapkan segalanya.

Tahap pertama yang gue lakukan adalah mengunduh formulir yang disediakan di homepage panitia. Disitu ada beberapa kolom biodata dan pertanyaan-pertanyaan yang harus diisi. Udah nulis, hapus lagi, udah nulis hapus lagi, begitu yang gue lakuin. Gue pengen nulis yang terbaik dengan harapan bisa lolos seleksi tahap satu. Setelah menulis dan mengisi essay yang diharuskan, gue langsung kirim. Pelajaran yang gue ambil ketika itu, jangan ngirim aplikasi pas-pas mepet. Tiga hari sebelum deadline, gue udah ngirim dan alhamdulillah dapet email notifikasi bahwa berkas yang gue kirim udah diterima.... Alhamdulillah

Gue lupa disuruh nunggu berapa hari, tapi gue selalu menghitung hari pengumuman. Hingga dateng hari pengumuman, malem-malem gue buka official homepage dan .....



Gue langsung jingkrak-jingkrak bukan maen pas ngeliat nama gue masuk seleksi. Gue langsung bangunin teteh gue yang lagi tidur pules. Dia buka mata dan masih loading ngeliat gue seneng jingkrak-jingkrak. Gue tarik tangan dia biar liat web dan melengos balik lagi kekamar. Ahahhhaa, seleksi selanjutnya ada lima sesi. Pertama interview, kedua interview panel, ketiga debate, keempat presentasi, kelima penampilan seni budaya. Waktu yang dikasih cuma sekitar lima harian buat persiapan. Dan gue belum siap apa-apa buat itu semua. Bismillah ... gue coba ....

Persiapan buat presentasi dan penampilan seni budaya gue siapin. Tema untuk presentasi adalah Reducing  the Number of Street Children, sementara buat penampilan seni budaya gue udah siapin buat bermain calung. Buat debate, gue langsung ikut latihan debate yang diadain ama EDC ketika itu. Yang agak sulit sekarang adalah nyari calung buat penampilan. Waktu tinggal lima harian lagi, dan sekarang harus segera dikejar. 

Gue coba buat nelpon Saung Angklung Mang Udjo. Seperti biasa CS berbasa-basi ala pelayan toko. Gue utarain maksud gue yaitu pengen bikin calung....

Gue: Gini mbak, saya pengen bikin calung. Apa Saung Udjo bisa nerima?
CS: Oh bisa kang, calungnya yang diatonik atau pentatonik?
Gue: Pentatonik mbak, kira-kira berapa ya?
CS: Ohh.. satu set kena 600 ribuan. Mau dipakai kapan?
Gue: (nelen ludah) Waduh mbak, saya belinya satuan bukan satu set, kira-kira bisa gak?
CS: Bisa aja kang, tapi lebih mahal. Kena sekitar 200 ribuan....
Gue: ........ Yaudah gak apa-apa, kira-kira sekarang stok barangnya ada?
CS: Oh.. mending akang aja datang kesini, biar tau maunya yang kaya gimana. Mungkin buat proses pembuatan memakan waktu satu minggu....
Gue: (Waduuh, tampil kan cuma 5 hari lagi....) Oh gitu ya mbak, yaudah nanti kalo jadi saya kesana....

Langsung diem gue ketika itu. Bikin calung satu minggu dan show tinggal 5 hari lagi. Gue mikir apa tampil suling aja ya? tapi gak asik banget kali tampil cuma suling. Tapi gue inget di daerah Soekarno Hatta ada yang jual alat musik. Akhirnya gue putusin buat nyari kesana besok sepulang kuliah. Ibu gue yang denger gue butuh calung bilang mending hubungin paman aja. Secara paman punya banyak channel masalah musik sunda. Hmm... bisa lah buat cadangan, siapa tahu butuh.

Keesokan harinya gue ngesms paman gue dan bilang kalo gue butuh calung. Beliau bilang ada rekannya yang bisa membantu. Alhamdulillah, akhirnya sebelum hunting calung ke Soetta, gue mau liat dulu calung yang ada ama paman gue kayak gimana. Sebelum berangkat ngampus, gue janjian ama yang punya calung dideket PVJ. Gak lama nunggu, akhirnya Si Akang yang punya calung ngasih calungnya. Gue iket dimotor, dan gue taruh di kosan temen gue buat sementara.

Ketika gue sampe ke kosan temen, gue coba maen beberapa lagu dari calung itu. Ternyata calung ini calung Salendro sementara yang gue pengen adalah calung Pelog. Gue bingung, perform tinggal 4 hari lagi dan calung belum cocok ama keinginan gue. Gak pikir panjang, gue langsung hunting buat ke Soekarno Hatta buat mesen calung.

Sepulang dari kosan gue, gue sengaja ngambil arah jalan ke Laswi biar tembus ke buah batu. Harapannya sih, biar bisa dapet calung yang gue pengen. Nyampe di perempatan Soekarno Hatta-Buah Batu, gue bingung harus belok kiri apa kanan. Seinget gue, yang jual calung belum jauh-jauh amat dari perempatan Buah Batu. Kelamaan mikir, akhirnya dari perempatan buah batu gue mutusin buat belok kiri arah Leuwi Panjang. Gue sisir sisi jalan sebelah kanan dengan harapan bisa dapet pengrajin calung yang duku sempet gue liat. Se kilo, dua kilo, tiga kilo, ampe terminal Leuwi Panjang gue gak nemu pengrajin calung. Jam menunjukan pukul empat. Mau gimana lagi, gue mutusin buat balik kerumah. Pencarian Calung saat itu .... NIHIL.

Hari selanjutnya. Ini tinggal 3 hari lagi gue harus dapet calung. Pulang ngampus, tanpa pikir panjang gue langsung nyari lagi tuh calung. Ngambil pelajaran dari hari kemaren, gue sekarang ngambil jalan dari Kiara Condong. Keluar dari Carrefour Kircon, gue ambil jalan kekiri dan lurus terus nyisir jalan Soekarno Hatta. Sekilo, dua kilo, tiga kilo, ampe gue nemu pasar Gadabadge (Gede Bage) gue belum nemu pengrajin calung. Susah amat nemu nih pengrajin ujar gue dalem hati. Gak kerasa, gue udah nyampe bundaran Cibiru dan si Calung belum juga keliatan..... God... please guide me....

Akhirnya gue balik lagi. Harapannya, tinggal jalan antara Carrefour Kircon ama perempatan Buah Batu yang belum gue sisir. Yaudah, gue tancep gas dan langsung menuju perempatan Carrefour Buah Batu. Sesampenya di Carrefour, gue ngegas motor pelan sambil nyisir jalan sebelah kanan. Semeter, sepuluh meter, dan ..... BINGO! Gue nemu pengrajin Calung nya! Tahu gini gue gak usah belok kiri dari perempatan. Jarak antara Carrefour ama pengrajin gak jauh-jauh amat. Huhuhuuhhu Berarti gue udah nyasar ampe Cibiru ... ckckck
 

Gue datengin tuh pengrajin calung. Gue liat banyak calung gelantungan kaya orang utan di langit-langit gallery. Si akang pengrajin nanya mau beli calung yang mana. Gue jawab gue nyari calung pelog. Setelah gue utarain apa maksud gue, niatan gue, dan apa tujuan gue beli calung (yaitu buat pertukaran pelajar) gue langsung nyoba nih calung. Keren banget dan... udah kata Slash maen gitar Gibson nya aja....

Tung....
Tung....
Tung....

Kok suaranya gini? Ini bukan calung pelog... ini salendro....

Tung....
Tung...
Tung....

Wah ini bukan pelog, ini salendro. Kalo salendro mah mending pake punya paman gue aja...

Gue nanya ama Pengrajin Calungnya, apa ada calung pelog. Dia bilang kagak ada. Calung pelog katanya cuma dipake orang-orang tertentu aja (halah ngeles si mang). Si Mang ngerekomendasiin buat dateng ke pengrajin sebelah. Emang gue liat tadi ada tiga pengrajin alat musik sunda berjejeran. Hujan pun turun, gue langsung pake jas hujan batman dan meluncur ke pengrajin selanjutnya. Sesampe di pengrajin calung kedua, gue nanya apa ada calung pelog. Jawabannya persis sama kaya CS Saung Udjo. Harus nunggu sekitar lima harian. Duuhh.... gue coba ke pengrajin selanjutnya meski hujan makin gede. Dengan badan agak kuyup, gue dateng ke pengrajin selanjutnya. Ternyata sama, calung pelog gak disediain soalnya jarang yang make. Kalopun mau mesen, paling enggak nunggu tiga harian lah ...agak lebih cepet dari pengrajin sebelah.... tapi tetep aja gue butuh buat lusa. seenggaknya besok udah jadi, dan sehari bisa buat latihan. Sabtunya langsung seleksi.Gue tambah bingung.. akhrinya gue mutusin buat ke pengrajin pertama. Soalnya si Mang katanya bisa bantu buat bikin calung.

Di pengrajin pertama, gue bener-bener nego buat bisa dapetin calung pelog. Si Mang yang liat gue bener-bener butuh langsung nelpon pengrajin pusatnya. Selang beberapa menit, si Mang terlihat agak senyum. "Saya coba dulu kang, stok bambunya emang ada, tapi bisa atau enggaknya nanti saya hubungi." Gue langsung diem, dan akhirnya saling bertukar nomer hp buat info selanjutnya. "Kemungkinan besar bisa kang, nanti saya hubungi." Si Mang kaya jadi Mario Teguh gitu. Tapi lumayan juga sih, meski belum pasti gue udah ada orang yang mau nyedian calung pelog. .....

Pulang dari pengrajin, gue balik kekosan temen gue di Gerlong. Untungnya temen gue lagi ultah dan ada kue tart yang tinggal sepertiga lagi. Gue yang daritadi udah kesasar ampe Cibiru dan belum makan langsung menghajar tuh kue. Lagi asik-asiknya makan kue, tiba-tiba ada telpon dari si Mang pengrajin calung....

Ohh iya mang...
Iya...
Muhun kang, anu pelog.....
Besok jam tiga...
Iya Mang nuhun pisan...
Iya nanti saya bayar besok aja ya kang ....
Hatur nuhun kang, 

Alhamdulillah ternyata si Pelog bisa diambil besok jam tiga.....

-Bersambung.... mau ngampus dulu gue -

Tidak ada komentar:

Translate it

ChineseFrenchGermanItalianJapaneseEnglishRussianSpanish